5 Pantai di Selatan Bali Yang Tidak Biasa

Saya dan istri adalah penggila wisata pantai. Sewaktu kami bekerja di Bali, hampir setiap weekend kami pasti sempatkan waktu untuk mengeksplor pantai-pantai di Bali. Pada artikel kali ini, saya ingin share pengalaman kami mengunjungi 5 Pantai di Selatan Bali Yang Tidak Biasa. 

Pantai Balangan

Pantai Balangan

Pantai ini terkenal karena banyak terdapat pohon kelapanya. Mengapa pohon kelapa menjadi sorotan banyak orang di pantai ini? Jawabannya karena di bagian selatan Pulau Bali yang tandus jarang sekali ditemukan pantai yang memiliki panorama pohon kelapa alami seperti di pantai ini.

Di pinggiran pantai terdapat banyak bungalow kecil yang banyak dipakai turis untuk bersantai. Sesekali saya mengamati para turis itu sedang menunggu saat yang tepat untuk berselancar. Saat terlihat ombak yang mulai bagus, mereka langsung turun dari bungalownya masing-masing dan pergi ke laut. 

Pantai Padang-padang


Pantai Padang-padang

Saya tidak mengerti kenapa pantai ini dinamakan "padang-padang". Apa karena dulunya banyak orang Padang yang tinggal di sini. Saya dan istri sudah beberapa kali mengunjungi pantai ini. Sebelum masuk ke pantainya, saya biasanya mampir dulu ke jembatan yang tidak jauh dari parkiran. 

Di jembatan ini menurut saya merupakan view terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Padang-padang. Uniknya pantai ini yaitu jalan masuknya. Dari parkiran kita akan menuruni sejumlah anak tangga yang berkelok. Nah ditengah perjalanan kita akan melewati sebuah celah sempit di antara dua batu yang besar. Saking sempitnya jalan ini hanya bisa dilalui 1 orang saja.

Pantainya sendiri sudah pasti indah. Jika air laut sedang surut garis pantainya bertambah panjang ke arah barat. Kita dapat berjalan menyusuri pantai melewati beberapa batu karang yang besar.

Pantai Blue Point

Pantai Blue Point

Pantai berikutnya di selatan Bali yang pernah kami kunjungi adalah Pantai Blue Point. Pantai ini menawarkan panorama yang sedikit berbeda dari pantai lainnya. Terdapat banyak cafe dan hotel kecil yang dibangun di atas batu karang. Bahkan ada beberapa kafe yang berdiri di beberapa batu karang besar yang berdiri sendiri.

Pantai ini juga menjadi salah satu spot surfing terbaik di Pulau Bali. Saya melihat dari kejauhan aksi-aksi mereka yang memukau. Kelihaian mereka dalam menaklukan gulungan ombak yang besar menjadi tontonan yang menarik buat saya.

Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara

Pantai ini sebenarnya sudah menjadi "milik" salah satu hotel berbintang di Bali. Bagi para pengunjung yang bukan tamu hotel dapat melewati tangga yang tersedia di samping hotel. Nah yang menarik di pantai ini terdapat sebuah lift yang dapat mengantarkan para tamu hotel dari bangunan hotel yang berada di atas bukit ke bawah pantai. Jalur lift ini dihubungkan dengan dua buah besi mirip rel kereta.

Cara menikmati pantai ini yang efektif menurut saya adalah duduk saja di sebuah balkon tangga di dekat tembok hotel. Dari situ terlihat pemandangan yang lebih menarik. Degradasi warna air laut yang indah berpadu dengan hijaunya pepohonan di sekitar pantai. Maklum karena di kawasan pantai selatan yang umumnya merupakan daerah tandus, sangat jarang ada pemandangan seperti ini.

Pantai Green Bowl

Pantai Green Bowl

Nah pantai yang tidak biasa terakhir di selatan Bali adalah Pantai Green Bowl. Untuk menemukan pantai ini lumayan susah-susah gampang. Mungkin waktu itu ketika saya ke pantai ini masih minim petunjuk jalan yang tersedia. 

Sesampainya di lokasi ada sebuah pura yang lumayan besar sebagai awal perjalanan kita menuju pantai. Setelah melewati pura, kita akan menuruni beberapa ratus anak tangga. 

Sebenarnya jumlah pastinya saya juga belum tahu. Yang pasti sampai di bawah kaki saya rasanya pegal sekali. Memang karakteristik pantai di selatan Bali umumnya selalu berada di bawah tebing yang tinggi. Jadi untuk sampai ke pantainya kita harus siap berkeringat dan siap pegal.

Tapi semua pengorbananku itu terbayar lunas. Pantai ini sungguh indah. Lihat saja pasirnya yang sangat putih dan halus. Ditambah lagi beberapa batu karang di bibir pantai menambah eksotisme pantai ini. Terdapat juga 1 gua kecil yang dapat kita gunakan untuk bersantai.

Saya merekomendasikan anda untuk datang ke pantai ini sebelum jam 10 siang. Anda akan merasakan suasana pantai yang benar-benar private. Apalagi kalau datangganya bersama pasangan tercinta, tentu suasananya lebih romantis.

Beberapa foto lainnya dari kelima pantai diatas :


Pantai Balangan

Pantai Blue Point

Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara

Pantai Green Bowl


Komentar

Postingan Populer